Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karier Influencer Meiliana Sutojo Berawal dari Guru Bahasa Mandarin, Idolakan Susan Bachtiar

infoikn.com, Jakarta Di jagat maya, nama Meiliana Sutojo melesat setelah akun Instagram terverifikasinya punya lebih dari 185 ribu pengikut. Kariernya bermula dari guru bahasa Mandarin selama bertahun-tahun.

Berawal dari belajar bahasa Mandarin sekitar 8 bulan di Beijing, Meiliana Sutojo kerja sambil ikut sekolah daring. Ia meraih gelar sarjana guru pendidikan bahasa Mandarin lalu ikut seminar pendidikan bahasa Mandarin di Indonesia, Cina, dan Taiwan.

Pencapaian ini tak membuat Meiliana Sutojo berpuas diri. Memasuki era medsos, ia menjajal ngonten dan berinteraksi dengan netizen lewat sejumlah unggahan yang dikemas semenarik mungkin. Kini, Meiliana Sutojo digelari influencer.

Di Indonesia, banyak artis yang pernah berprofesi sebagai guru sampai dosen, seperti Susan Bachtiar. Dia idola saya. Dia pembawa acara, model, dan aktris,” kata Meiliana Sutojo lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (4/9/2023).

Energi Dalam Hidup

Terinpirasi Susan Bachtiar, ia mengembangkan bakat di berbagai bidang. Selain mengajar dan jadi kreator konten, Meiliana Sutojo menjadi master of ceremony alias MC. Baginya, hidup hanya sekali dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Segala sesuatu dalam hidup adalah energi. Ketika kita fokus pada apakah orang lain suka atau tidak lalu berusaha keras membuat mereka menyukai kita, maka sebenarnya kita sedang buang-buang energi,” ia berpendapat.

Tak Ada Yang Sempurna

Meiliana Sutojo mengingatkan kunci sukses berkarier di banyak bidang adalah manajemen waktu. Saat murid libur, ia mengisi senggang dengan bikin konten, me time, dan menerima pekerjaan sebagai pembawa acara off-air. Yang tak kalah penting, belajar dari kesalahan.

“Dalam hidup, tak ada yang sempurna. Secara pribadi saya belajar dari kesalahan, memperbaikinya, mengusahakan yang terbaik, doa, dan jadi diri sendiri. Tidak ada yang bisa membahagiakan kita, kecuali diri sendiri,” Meiliana Sutojo menambahkan.

Kualitas dan Tanggung Jawab

Meiliana Sutojo bersyukur bisa menyeimbangkan karier. Ia masih aktif mengajar bahasa Mandarin di bawah bendera C3n Chinese Course yang berbasis di Surabaya. Lewat C3n Chinese Course, ia membuka kelas daring dan privat serta ingin menjadi manfaat bagi sesama.

“Saya percaya tiap pekerjaan harus memiliki kualitas dan tanggung jawab yang sama. Pendidik harus bertanggung jawab atas muridnya. Seorang influencer bertanggung jawab atas ulasan produk, klien, dan netizen yang mengikutinya,” Meiliana Sutojo mengakhiri.

sumber : liputan 6



Posting Komentar untuk "Karier Influencer Meiliana Sutojo Berawal dari Guru Bahasa Mandarin, Idolakan Susan Bachtiar"